4 Jenis Mesin Kopi Espresso Cocok untuk Rumahan

4 Jenis Mesin Kopi Espresso Cocok untuk Rumahan

Kopi espresso merupakan salah satu minuman kopi yang paling digemari. Tak jarang banyak yang rela ke cafe setiap hari demi merasakannya. Namun, Anda juga bisa merasakan espresso di rumah tanpa harus ke cafe dengan cara berinvestasi mesin kopi espresso untuk rumah. Berikut ini ada beberapa jenis mesin yang bisa Anda pilih dan bawa pulang.

1. Mesin Kopi Manual

Mesin kopi jenis manual ini pada umumnya ditujukan untuk Anda coffee perfeksionis dalam hal ekstrak kopi. Biasanya untuk mesin jenis ini, Anda harus menggiling sendiri biji kopi, tamping, mengatur suhu, mengatur tekanan, bahkan harus mendetail mengenai lamanya ekstraksi.

Bentuk dari mesin jenis ini terlihat elegan sesuai dengan fungsinya. Namun bisa dikatakan klasik karena masih memakai tenaga manusia dalam proses mengekstrak kopi. Harganya pun terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan mesin kopi rumahan lainnya. Mesin jenis ini cocok juga bagi Anda yang ingin belajar layaknya barista ala rumahan.

2. Mesin Kopi Otomatis

Mesin jenis ini lebih memudahkan Anda daripada mesin jenis sebelumnya. Mesin ini lebih cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak dalam hal pengekstrakan kopi. Apalagi Anda bukanlah coffee perfectionist dan hanya ingin menikmati kopi di pagi hari sebagai ritual rutin.

Pada umumnya, mesin jenis ini memerlukan kapsul dalam membuat kopi. Bubuk kopi yang sudah ditakar dalam jumlah tertentu, dikemas dalam bentuk kapsul. Jadi Anda tidak memerlukan semua peralatan layaknya penggiling dan lainnya untuk menghasilkan bubuk kopi. Pasalnya, mesin jenis ini melakukan 3 aktivitas sekaligus seperti menggiling kopi, boiler air, serta ekstraksi kopi.

3. Mesin Kopi Semi Otomatis

Namanya juga semi otomatis. Jadi, mesin ini masih memiliki bagian-bagian yang terpisah. Misalnya penggiling atau grinder, portafilter, tamper, hingga timer. Begitu juga dengan suplai air yang digunakan untuk disalurkan ke dalam mesin dan dipanaskan. Mesin ini lebih cocok bagi Anda yang ingin jadi barista di rumah. Anda harus menakar kopi dalam takaran yang tepat untuk menghasilkan akhir kopi yang nikmat.

Pada umumnya jenis mesin ini memiliki 2 varian. Yaitu manual control dan adalah programmable doses. Varian manual control adalah mesin di mana Anda bisa mengendalikan dengan cara memberhentikan sendiri mesin apabila Anda merasa kopi yang dituang sudah sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan mesin programmable doses adalah mesin yang sudah menentukan seberapa banyak mililiter kopi yang Anda inginkan dan otomatis akan berhenti saat kopi sudah mencapai dalam jumlah mililiter yang diinginkan.

4. Mesin Kopi Super Otomatis

Mesin ini lebih ditujukan kepada Anda sebagai pengguna rumahan. Mesin ini bisa dikatakan dapat mengambil alih tugas yang biasanya dilakukan oleh barista dalam menghasilkan espresso. Terutama bagi Anda yang terlalu malas untuk menggiling kopi, memadatkan kopi, maupun memanaskan kopi. Pilihan untuk memiliki mesin ini adalah yang terbaik. Tentu saja, untuk mendapatkan mesin jenis ini sangat menguras kantong. Anda bisa mencari dan menyaring informasi mengenai mesin ini agar bisa Anda bawa pulang.

Itulah beberapa jenis mesin kopi espresso yang bisa Anda bawa pulang dan digunakan di rumah. Sekalipun merogoh kocek dalam, bisa dikatakan hal itu untuk investasi Anda dalam mengonsumsi kopi dalam jangka waktu yang panjang. Jangan lupa juga, sesuaikan dengan kebutuhan dan mudah dioperasikan bagi Anda.

About the author

admin

View all posts