5 Manfaat Zat Besi bagi Balita

5 Manfaat Zat Besi bagi Balita

Zat besi menjadi salah satu komponen gizi yang sangat penting bagi balita. Bahkan sangat ditekankan bagi para orang tua untuk benar-benar memastikan anak mereka mendapat zat besi dalam dosis yang tepat. Memangnya apa saja peran penting zat besi? Berikut adalah 5 manfaat zat besi bagi tumbuh kembang balita.

  1. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Di saat masa pertumbuhan dan perkembangan, penting sekali untuk mengoptimalkan kemampuan motorik si kecil. Zat besi diketahui menjadi salah satu komponen gizi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan motorik. Anak-anak yang kekurangan zat besi akan memiliki hambatan dalam perkembangan motoriknya.

Asupan zat besi yang cukup akan mengoptimalkan pertumbuhan tubuh si kecil mulai dari berat hingga tinggi badan. Jika pertumbuhan tubuhnya normal, maka kemampuan motoriknya akan berkembang dengan lancar. Itulah mengapa sejak usia dini kebutuhan zat besi anak harus dipenuhi dengan baik.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Semua orang tua pasti berusaha yang terbaik supaya anak mereka punya daya tahan tubuh yang bagus. Anda juga pasti tak ingin anak Anda sering terserang penyakit. Agar daya tahan tubuh si kecil selalu dalam kondisi yang baik, maka Anda harus memenuhi kebutuhan zat besinya.

Zat besi diketahui berperan penting membantu fungsi neutrofil dalam memberantas bakteri penyebab penyakit. Defisiensi zat besi akan membuat tubuh jadi lemah dan rentan sakit. Jika dibiarkan saja maka tubuh anak bisa jadi semakin lemah dan pertumbuhannya jadi terhambat.

  1. Mencegah Anemia

Anemia adalah sebuah kondisi saat tubuh memiliki kadar hemoglobin rendah. Hemoglobin merupakan bagian dari sel darah merah. Zat besi memiliki peran penting dalam proses pembentukan sel darah merah tersebut. Jika zat besi kurang maka kadar hemoglobin juga akan rendah dan terjadilah anemia.

Apa yang terjadi jika si kecil menderita anemia? Tanda yang paling jelas adalah tubuhnya akan menjadi lemas. Anak jadi sering merasa pusing dan tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas. Mereka juga akan sulit berkonsentrasi. Anemia yang tidak segera diatasi akan menimbulkan bahaya bagi tubuh si kecil.

Jadi, pastikan anak mendapat asupan zat besi yang cukup. Selama zat besi cukup maka anak akan terhindar dari bahaya anemia.

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif anak terus berkembang seiring dengan pertumbuhannya. Orang tua harus mengoptimalkan proses tersebut dengan sebaik-baiknya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memberikan asupan zat besi yang cukup. Kekurangan zat besi dapat menurunkan kemampuan kognitif anak.

Kemampuan anak dalam berkonsentrasi juga akan berkurang jika mereka mengalami defisiensi zat besi. Kondisi ini bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang tepat.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kembali lagi pada kondisi anemia yang bisa terjadi saat tubuh anak kekurangan zat besi. Anemia ternyata bisa menyebabkan si kecil mengalami gangguan tidur. Padahal, tidur sangat penting bagi pertumbuhan anak Anda. Mereka harus mendapatkan waktu tidur yang mencukupi demi kesehatan tubuh dan perkembangan mereka.

Jika asupan zat besi mencukupi maka anak akan terhindar dari anemia. Kondisi ini membuat anak jadi memiliki waktu dan kualitas tidur yang baik. Jika mereka mendapat tidur yang cukup dan berkualitas, maka mereka juga akan tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Itulah tadi 5 manfaat zat besi bagi balita yang perlu dipahami oleh orang tua. Jika Anda ingin anak tumbuh dan berkembang dengan optimal, pastikan untuk memenuhi kebutuhan zat besinya. Zat besi ini bisa didapatkan dari bahan makanan seperti hati sapi, daging merah, biji-bijian, sereal terfortifikasi, dan lain sebagainya.

About the author

admin

View all posts