Hati-Hati! Berenang Terlalu Sering Bisa Sebabkan Masalah Ini

Hati-Hati! Berenang Terlalu Sering Bisa Sebabkan Masalah Ini

Berenang menjadi salah satu olahraga yang hampir disukai oleh semua orang. Sebab, olahraga ini melibatkan pergerakan seluruh otot tubuh dan tentunya berpengaruh termenggunakan hadap kesehatan kamu secara keseluruhan. Namun, kamu perlu berhati-hati jika terlalu sering berenang karena air di sana mengandung obat kolam renang atau biasa disebut dengan kaporit.

Kolam renang biasanya juga sanitarian kit atau cakram kekeruhan kolam renang. Alat ini digunakan untuk mengukur kualitas air di kolam tersebut. Untuk itu kamu perlu berhati-hati jika berenang terlalu sering karena ada dampak yang akan ditimbulkan dari kaporit tersebut.

  1. Infeksi kulit

Kaporit bisa menyebabkan iritasi dan rasa terbakar pada kulit. Bahkan, kandungan kaporit yang berlebih bisa menimbulkan ruam merah dan infeksi kulit. Lebih dari itu, klorin yang bereaksi dengan materi organik akan menghasilkan zat toksik yang merusak kulit, terutama kulit anak-anak.

  1. Membuat rambut kering

Klorin atau kaporit adalah dua jenis zat yang digunakan agar air kolam renang bebas bakteri. Sayangnya, zat ini tidak bagus untuk kesehatan rambut dan bisa membuat rambut menjadi sangat kering. Rambut akan kehilangan pelembab alami yang dimilikinya. Terlalu sering berenang tanpa menggunakan pelindung rambut akan membuat rambut menjadi rusak, bercabang dan mudah patah.

  1. Rambut bisa berubah warna

Rambut berubah warna menjadi agak kehijauan setelah terpapar klorin, merupakan sesuatu yang umum. Perubahan warna pada rambut disebabkan reaksi dari klorin dan pipa tembaga atau logam yang ada di dalam air kolam. Untuk mengatasi masalah ini, jangan lupa untuk mencuci rambut dan membilasnya sampai bersih. Pengaruh buruk air kolam renang untuk kulit dan rambut tidak perlu membuat Anda menjadi khawatir dan berhenti berenang. Karena, masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi kulit dan rambut dari pengaruh klorin tersebut.

Berenang merupakan kebiasaan berolahraga yang tepat dan baik untuk tubuh, namun kamu harus berhati-hati dengan air kolam renang yang biasanya menggunakan kaporit dan klorin. Selalu lindungi kulit dan rambut sebelum berenang. Gunakan pelindung rambut dan lotion untuk kulit agar tubuh terlindungi dari klorin dan kaporit secara langsung, terutama untuk anak-anak yang kulitnya masih sensitif. Kamu juga bisa memakai baju renang berlengan panjang untuk melindungi kulit di kolam renang.

About the author

admin

View all posts