Manfaat Senam Hamil Demi Persalinan yang Lebih Mudah

Manfaat Senam Hamil Demi Persalinan yang Lebih Mudah

Mengonsumsi makanan bergizi selama hamil sangat penting. Tetapi, para ibu hamil juga harus mengimbanginya dengan melakukan senam. Banyak manfaat senam hamil yang bisa didapatkan sehingga disarankan untuk dilakukan. Tidak harus sering, Anda bisa melakukannya 3 hari dalam seminggu. Melakukan senam secara mandiri pun tidak masalah karena manfaat yang didapat akan tetap sama.

Enam Manfaat Senam Hamil

  1. Memperlancar Proses Persalinan

Rutin berolahraga ringan termasuk senam akan membuat otot tubuh lebih kuat. Kondisi tersebut akan sangat bermanfaat selama persalinan nantinya. Sebab, selama ini tubuh sudah dipersiapkan dengan baik sehingga stamina lebih tahan lama. Senam hamil dianjurkan maksimal tiga kali dalam seminggu. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah ataupun mengikuti klub senam khusus ibu hamil.

  1. Meminimalisir Stres

Tidak bisa dipungkiri, stres seringkali melanda ibu hamil. Penyebabnya beragam dan harus segera ditangani agar tidak tambah membebani. Salah satu cara terbaik adalah dengan melakukan senam ringan. Hal itu disebabkan oleh pelepasan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood. Selain itu, produksi serotonin juga akan dipicu sehingga Anda merasa lebih bahagia.

  1. Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Selama kehamilan, risiko komplikasi dimiliki oleh para ibu hamil. Contohnya adalah diabetes gestasional dan preeklampsia. Agar Anda bisa menghindarinya, maka wajib melakukan senam secara rutin. Cukup 20 hingga 30 menit dalam sehari dan tidak harus seminggu penuh. Selain itu, rutin senam juga bisa menurunkan risiko melahirkan dengan caesar.

  1. Membuat Tubuh Lebih Bugar

Merasa lemas dan mudah lelah sudah umum dialami oleh ibu hamil. Tetapi Anda bisa meminimalisir kondisi tersebut dengan senam secara rutin. Gerakan yang dilakukan cukup yang  ringan saja seperti duduk bersila, jongkok, dan pushup menghadap dinding. Dengan begitu, energi dalam tubuh akan meningkat dan membuat Anda lebih semangat menjalani hari.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah tidur Anda sering tidak nyenyak? Kalau iya, maka tandanya Anda kurang gerak selama hamil. Segera rutinkan senam untuk mengatasi masalah tersebut. Pilihlah gerakan yang ringan dan santai untuk dilakukan. Lama-lama, tubuh Anda akan merasa nyaman dan peredaran darah pun semakin lancar. Salah satu dampak positifnya adalah kualitas tidur dapat meningkat.

  1. Membantu Pemulihan Pasca Persalinan

Manfaat senam tidak hanya dirasakan selama masa kehamilan. Tetapi juga setelah si kecil sudah lahir dengan selamat. Ibu hamil yang rutin melakukan senam cenderung lebih cepat pulih pasca persalinan. Alasannya, tubuh sudah terlatih sejak masa hamil sehingga memiliki otot yang kuat dan stamina yang lebih prima.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat, sudah tidak malas lagi untuk senam bukan? Apabila Anda bingung mengenai gerakannya, maka cobalah untuk bergabung dengan klub senam khusus ibu hamil. Anda akan dipandu oleh instruktur yang sudah profesional. Dengan begitu, gerakannya pun sudah tertakar. Bonusnya, Anda bisa bertemu dengan para ibu hamil lainnya sekaligus berkenalan.

About the author

admin

View all posts