Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak 2 Tahun

Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak 2 Tahun

Pemenuhan kebutuhan nutrisi anak 2 tahun sangatlah penting karena sedang dalam masa-masa pertumbuhannya. Di usia inilah anak belajar banyak hal mulai dari makan sendiri, variasi makanan lebih banyak, dan mengunyah tekstur makanan yang lebih keras. Hal ini menjadi tantangan bagi ibu untuk menyiapkan makanan bernutrisi bagi si kecil.

Karbohidrat

Makanan sumber karbohidrat yaitu nasi, roti, dan gandum yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan energi si kecil dalam masa pertumbuhannya. Anak membutuhkan energi yang cukup dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Gandum dapat diberikan untuk menambahkan kandungan serat yang baik untuk pencernaan si kecil, bisa dengan memberikan sereal gandum atau roti gandum yang mudah dicerna anak.

Vitamin dan Mineral

Sumber vitamin dan mineral bisa didapatkan dari buah dan sayur. Ibu bisa memberikan buah dan sayur yang berbeda setiap hari kepada si kecil agar tidak bosan. Agar lebih menarik, hiaslah buah dan sayur-sayuran agar anak bisa mengonsumsinya. Sayur-sayuran dapat direbus dan dikukus sebentar saja agar kandungan gizinya tidak hilang. Untuk buah juga dapat di jus namun sebaiknya hindari menambahkan gula.

Kalsium dan Vitamin D

Pemenuhan kebutuhan nutrisi sumber kalsium dan vitamin D bisa didapatkan dari susu, keju dan yogurt. Makanan tersebut juga mengandung protein yang baik untuk membentuk sistem imun sedangkan kalsium dan vitamin D mendorong pembentukan dan pertumbuhan tulang anak lebih kuat dan sehat.

Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak dalam pembentukan sistem imun tubuh. Anak yang memiliki sistem imun baik tidak akan mudah terserang penyakit sehingga proses tumbuh kembangnya tidak terganggu. Sumber protein bisa didapatkan dari daging ayam, ikan, sapi, telur, dan kacang-kacangan. Takaran yang tepat yaitu ½ butir telur, 1/3 gelas yogurt, 1 sendok makan selai kacang, dan ½ gelas susu.

Lemak

Sumber lemak sehat untuk si kecil bisa didapatkan dari olive oil atau minyak zaitun dan sunflower oil yang kaya akan kandungan vitamin E. Sumber lemak juga bisa didapatkan dari margarin yang kaya akan omega 3 yang baik untuk perkembangan daya pikir si kecil. Lemak juga memiliki peran dalam melarutkan vitamin A, D, E, K.

Ibu bisa memberikan sumber makanan yang telah disebutkan agar nutrisi anak terpenuhi. Namun pastikan anak tidak memiliki alergi makanan tertentu misalnya alergi susu sapi, telur, kacang-kacangan, dan lainnya. Segera konsultasikan ke dokter apabila anak mengalami alergi.

Ibu bisa memberikan susu Nutrilon Royal ActiDuoBio+ dengan kandungan FOS:GOS 1:9 dan LCPUFA (omega 3 dan omega 6) untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan kemampuan otaknya. Kandungan prebiotik dapat menjaga kesehatan usus dan pencernaan anak dan kandungan nutrisi lainnya sebagai pendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh anak.

Deskripsi : pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk anak 2 tahun dapat dilakukan dengan memberikan sumber nutrisi yang dibutuhkan anak.

About the author

admin

View all posts